Langsung ke konten utama

PROSES TERJADI DAN CARA MENANGGULANGI EFEK RUMAH KACA

 PROSES TERJADI DAN CARA MENANGGULANGI EFEK RUMAH KACA



Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca disebabkan meningkatnya konsentrasi gas karbondiokasida (CO2) dan gas-gas lain di atmosfer. Meningkatnya konsentrasi gas tersebut disebabkan banyaknya penggunaan bahan bakar minyak, batu bara, dan bahan organik lain yang melebihi kemampuan menyerap dari tumbuhan-tumbuhan dan lautan. Energi yang masuk ke Bumi sekitar 25% dipantulkan oleh awan atau parikel lain di atmosfer, 25% diserap awan, 45% diserap permukaan Bumi, dan 10% dipantulkan Kembali oleh permukaan Bumi. Energi yang diserap dipantulkan Kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan bumi. Namun, sebagaian besar inframerah yang dipancarkan tertahan oleh awan dan gas karbondioksida serta gas lainnya sehingga dikembalikan ke permukaan bumi. Pada keadaan normal, efek rumah kaca sebenarnya diperlukan. Dengan adanya efek rumah kaca perbedaan suhu antara siang dan malam di Bumi tidak terlalu jauh berbeda.

5 Tips Menanggulangi Efek Rumah Kaca

1.     1. Hemat energi listrik

Dengan menghemat listrik, kita dapat berkontribusi dalam Upaya mengurangi pemakaian batu bara yang dapat menimbulkan emisi gas karbindioksida di udara.

2.     2. Beralih ke pupuk organik

Penggunaan pupuk organik dengan kadar optimal agar bisa menghasilkan pertanian yang melimpah sehingga penggunaan pupuk nonorganic bisa berkurang, emisi gas N2O juga akan berkurang.

3.     3. Pengolahan limbah peternakan

Limbah peternakan menjadi salah satu penyumbang gas rumah kaca. Untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan metana, limbah dapat diolah menjadi biogas. Biogas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil.

4.     4. Beralih ke bahan bakar ramah lingkungan

Contoh bahan bakar ramah lingkungan, yaitu panel surya dan bahan bakar listrik. Bahan bakar itu dikatakan ramah karena tidak menghasilkan polutan yang membahayakan lingkungan.

5.    5. Batasi penggunaan plastik

Plastik ialah senyawa polimer yang sangat sulit terurai di dalam tanah. Salah satu cara mengurangi limbah plastik yaitu dengan membakarnya. Namun, pembakaran yang terjadi akan menghasilkan gas karbon dioksida yang jumlahnya tidak sedikit. Oleh sebab itu, batasilah penggunaan plastik dengan cara membawa botol air minum sendiri atau membawa tas kain/totebag ketika berbelanja.  

Sumber :

https://mediaindonesia.com/humaniora/522315/ini-penyebab-efek-rumah-kaca-dan-dampaknya-bagi-bumi

Komentar